Nama
: 1. Alicia Oksiany (50414844)
2. Maghfira Zahra Sani (56414307)
3. Regita Indah .D. (59414006)
Kelas : 4IA20
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis nformatika
Dosen : Natalios Peter Sipasulta
Traveloka
Profile
Perusahaan
Traveloka adalah perusahaan yang
menyediakan layanan pemesanan tiket peswat dan hotel secara online dengan fokus
perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di
Jakarta.
Nama Perusahaan :
PT Trinusa Travelindo
Alamat Perusahaan : Grand Slipi Tower Lt. 39 Unit G
Jl Letjend. S. Parman Kav. 22-24, Jakarta 11480, Indonesia.
Nama domain : www.traveloka.com
SIUP : 5725/2013
NPWP :
31.616.320.3-031.000
,
Visi dan Misi Perusahaan
Visi :
1.
Menjadikan
traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi
2.
Menjadi salah
satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di Indonesia.
3.
Berkontribusi didalam
meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di Indonesia.
Misi :
1.
Selalu
menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
2.
Memberikan
kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
3.
Secara terus
menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga dapat
memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
4.
Menjalin dan
meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan
International.
Sejarah Traveloka
Perusahaan didirikan pada tahun 2012
oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka
berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari
berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah
menjadi situs reservasi tket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan
di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa
Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli
2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka. Selanjutnya Traveloka melayani lebih dari 18.000
rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik.
Sumber Daya Manusia
Setiap perusahaan mempunyai struktur
organisasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha yang dijalankan.
Struktur organisasi dalam suatu perusahaan memiliki peranan yang penting dalam
menjalankan aktivitas perusahaan, karena dengan adanya struktur organisasi yang
baik maka fungsi – fungsi manajemen dapat dijalankan dengan baik, sehingga
tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi.
Struktur organisasi perusahaan berguna
untuk mengetahui tugas, tanggung jawab dan wewenang setiap unit kerja, maka
setiap divisi harus benar-benar berkompen dalam menjalankan tugas dan tanggung
jawabnya. Berikut ini merupakan struktur organisasi tour & travel.
Struktur Perusahaan Traveloka
Berdasarkan bagan struktur organisasi
dari traveloka, maka tanggung jawab dan wewenang masing – masing jabatan dapat
diuraikan sebagai berikut :
A.
Presiden
Direktur
- Memutuskan
dan menetukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan. Memimpin perusahaan
dengan membuat kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan
perusahaan.
- Mengawasi
dan mengendalikan perusahaan.
B.
General
Managare
- Mengawasi
dan menjalankan kegiatan perusahaan dengan anggaran yang dimiliki.
- Menjadi
perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.
C.
Managare
Acciunting
- Membuat
laporan keuangan.
- Mengatur
alur kas.
D.
Managare
Marketing
- Menjalin
relasi dengan konsumen.
- Membimbing
dan membina karyawan dibagian pemasaran.
- Melakukan
planning dan analisis pemasaran.
E.
Managare
Personalia
- Membantu
General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusahaan.
- Melayani
dalam proses perekrutan.
- Mengawasi
dan evaluasi kinerja.
F.
Sales
Tour And Travel
- Melayani
feedback konsumen.
- Memantau
kompetitor.
- Menawarkan
dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen.
- Menjual
produk dan jasa Parawisata.
G.
Ticketing
- Menjaga
dan memantau stock.
- Menjalankan
segala kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
H.
Masenger
- Memproses
data dan pengiriman tiket.
- Bekerjasama
dengan ticketing.
Sumber Daya IT Traveloka
Dari flowchart diatas perusahaan membaginya
dalam tiga bagian yang mana searah vertical sebagai berikut :
-
User : Customer,data user, data id,
tiket, cetak transaksi
-
Admin: Input, database, pemrosesan,
cetak laporan, penerimaan kas
-
Marketing : Multi laporan, pengembangan
usaha
Strategi
Pemasaran Traveloka
1.Price
Traveloka
adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi
dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem
online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat
menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan
sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket. Dan terdapat biaya
tambahan yang dikenakan bagi seluruh konsumen mulai dari Rp12.500 hingga
Rp52.500, pelanggan Traveloka sudah terlindungi dari resiko keterlambatan
bagasi, penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, tertinggal penerbangan
lanjutan, kehilangan reservasi kamar hotel, dan kecelakaan diri dengan asuransi
hingga Rp. 300.000.000.
2.Product
Traveloka
adalah layanan jual beli tiket pesawat, kereta api dan hotel secara online.
Dalam laman resminya yakni http://www.traveloka.com. Mengatakan bahwa traveloka
adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari
airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan
memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem
otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.
Traveloka
bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya
untuk menerbitkan tiket melalui http://www.traveloka.com/ . hal ini
memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket dan hotel mendapatkan
pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
Maskapai-maskapai
yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah
: Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll. Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk
menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni
tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari
masing-masing maskapai penerbangan.
3. Promotion
Cara promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social, iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara lain adalah facebook, twiiter, dan website. Iklannya sendiri pun sudah banyak kita lihat di tv. Kita tahu sendiri kalau biaya untuk beriklan di televisi sangatlah mahal. Mungkin karena visi dari Traveloka yang sangat yakin kalau langkah yang diambilnya itu pasti sepadan dengan apa yang nanti didapatkan. Apabila beriklan di televisi, pasti akan dilihat oleh banyak orang. Dengan dilihat oleh banyak orang, maka akan dikenal oleh orang-orang.
Dalam dunia marketing modern, mengeluarkan budget untuk iklan adalah hal yang biasa bagi yang punya modal. Prinsip marketing, mengeluarkan biaya memang diperlukan — guna memperoleh pendapatan yang lebih besar. Istilahnya adalah input harus lebih besar daripada output.
4.Place
Berhubung Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online. Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan pemesanan dilakukan melalui internet. Berikut tampilan website traveloka:
Traveloka sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C), dimana rata-rata transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak memerlukan saham atau menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka bisa dengan mudah terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri e-commerce di Asia Tenggara.
5. People
Ferry Unardi, pendiri sekaligus Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan situs ini lantaran pernah kesulitan mencari tiket pesawat. Awalnya, Ferry hanya dibantu dua rekannya yang pernah bekerja di Microsoft.Modalnya diperoleh dari East Venture, perusahaan investasi yang fokus pada pendanaan merintis usaha baru. Pada tahap pengembangan, ia mendapat bantuan dari Samwer Brothers yang memiliki jaringan startup Rocket Internet. Dalam waktu enam bulan, karyawannya menjadi lima. Mereka menempati satu unit ruko. Karena bisnisnya terus bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di salah satu gedung perkantoran di Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah Karyawannya telah bertambah menjadi 30 orang. Setahun setelah didirikan, Traveloka punya 120 pegawai.
6. Physical Environment
Physical Environment yang ditunjukkan oleh Traveloka sangat baik, hal itu dapat disimpulkan bahwa sebanyak 250.000 kunjungan ke website dilakukan perharinya. Sehingga, selama sebulan website Traveloka telah dikunjungi oleh 7,5 juta pengunjung. Baik itu dari desktop maupun smartphone. Memasuki pertengahan 2017 ini, jumlah pengunduh aplikasi Traveloka berhasil meningkat hingga 50 persen. Bila tahun lalu baru diunduh sebanyak 10 juta, saat ini sudah mencapai 15 juta pengunduh, di mana mayoritasnya merupakan pengguna aktif. Ini menunjukkan bahwa Traveloka telah menjadi suatu icon dari agen pemesanan tiket pesawat dan hotel yang besar dan terpercaya. Hal tersebut tidak luput karena pengembangan teknologi, bisnis, serta design interface website yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh.
Dan begitulah seharusnya. Apapun itu, pasti memerlukan modal. Meskipun tak selalu berbentuk uang. Bisa saja modal berupa tenaga, waktu, pikiran, skill dan lain sebagainya.
Produk dan Layanan
Traveloka adalah
salah satu travel agent online. Baik tiket hotel,pesawat dan kereta. Traveloka
sendiri memiliki 2 platform yaitu berbasis web atau dapat diakses melalui PC
dan adapula yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada gadget yang
memiliki OS(Operating System) Android. Traveloka memiliki beberapa kelebihan
dibanding travel agent online sejenis salah satunya adalah Lebih Murah karena
tidak dibebankan harga Booking dan Service Fee pada setiap
pemesanan tiket, Lebih Mudah karena ada banyak metode pembayaran pesanan yang
dapat dibilih sesuai keinginan
Pemesanan tiket pesawat :
Pemesanan tiket hotel :
Pemesanan tiket kereta api :
Cara
Pembayaran
Pertama masuk pada situs resmi traveloka
untuk melakukan booking tiket. Setelah anda mendapatkan daftar harga dan nama
maskapai atau travel dengan jam keberangkatan, klik pesan pada maskapai yang
dipilih. Setelah anda mengklik tombol pesan dilanjutkan dengan pengisian form
id. Pastikan info id terisi dengan lengkap. Jika no kontak sudah anda isi
dengan benar maka tahap selanjutnya pilihlah metode pembayaran. Traveloka
menyediakan metode pembayaran kartu kredit, transfer&atm, direct debit atau
alfamart&indormaret.
Terdapat pula
fitur refund dan re-schedule yang dapat lebih
mempermudah Customer apabila akan membatalkan atau mengatur ulang
detail mengenai pemesanan tiket. Untuk refund sendiri adalah fitur yang dapat
digunakan oleh Customer untuk membatalkan pemesanan tiket dan
mengambil kembali uang yang telah dikirimkan. Sedangkan untuk re-schedule
adalah fitur untuk mengganti beberapa detail pemesanan tiket misalnya mengganti
tanggal yang tertera pada pemesanan tiket. Selain itu sistem online yang
diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga
tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5%
dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
Menginput
data CS
Data diproses Feedback dikirim ke CS.
Data diproses bagian reservasi dan
dikelola sebagai bukti kas.
Sistem Penggajian
Menurut id.jobplanet.com
gaji yang diterima oleh karyawan traveloka sesuai dengan masing-masing jabatan.
Dapat dilihat dalam table berikut ini :
Pekerjaan
|
Gaji rata-rata
|
IT / Internet
Division Manager |
|
Marketing Assistant Manager/Junior Manager |
12,30 Juta/Bulan
|
IT / Internet
Assistant Manager/Junior Manager |
|
SalesAssistant Manager/Junior Manager
|
8,20 Juta/Bulan
|
Intern / Magang |
·
4,10 Juta/Bulan
|
Business
Development / Consultant
Staff/Executive/Officer |
6,71 Juta/Bulan
|
Desain
Staff/Executive/Officer |
8,00 Juta/Bulan
|
HR
/ Admin
Staff/Executive/Officer |
3,19 Juta/Bulan
|
Finance
/ Akunting
Staff/Executive/Officer |
4,96 Juta/Bulan
|
Business
Development / Consultant
Manager |
29,13 Juta/Bulan
|
IT
/ Internet
Manager |
28,00 Juta/Bulan
|
Finance
/ Akunting
Specialist |
|
Desain
Specialist |
13,90 Juta/Bulan
|
Customer
Service / Pelayanan
Staff/Executive/Officer |
4,23 Juta/Bulan
|
Perbandingan dengan Perusahaan Lain
Pada
survey yang dilakukan Nusaresearch ternyata website Traveloka lebih sering
dikunjungi oleh konsumen dibandingkan website Tiket.com. Berikut disajikan
hasil survey yang dilakukan oleh Nusaresearch:
Perbandingan
Situs Traveloka dengan Situs Sejenis Lainnya
Sumber :
https://dailysocial.id/post/traveloka-populer-survei-nusaresearch
Analisa SWOT
a.
Strength
- Berbasis
aplikasi mobile, sehingga Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh
masyarakat dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bandara .
- Selain
itu masyarakat/pengguna juga dapat melihat informasi-informasi harga pesawat dan
hotel dengan mudah setiap saat dengan mudah.
- Harga-harga
yang ada di traveloka juga lebih murah dan menjangkau masyarakat .
selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan keingginan penggunanya.
- Marketing
budget yang wow!
- Karena
bekerjasama dengan berbagai jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga
memudahkan masyarakat/pengguna untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan
keinginan mereka.
- Traveloka
juga menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu
penerbangan, tiket promo, berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga
masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi
keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
- Menampilkan
banyak pilihan mulai dari harga, tempat, waktu dll
- Online
travel agent terbesar dan terpercaya yang bekerja sama dengan banyak airline
dan hotel dalam menghadirkan promo dan harga khusus tiap harinya
- Memiliki
hasil pencarian yang lengkap
- Menampilkan
informasi dari setiap pilihan yang ada
- Smart
Algorithm, dimana berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama
perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai dan lain sebagainya sesuai dengan
teknologi terbaru.
b.
Weakness
- Kepercayaan
masyarakat akan transaksi online masih kurang, sehingga banyak masyarakat masih
menggunakan layanan pemesanan
tiket pesawat secara manual.
- Tidak
semua orang bisa menggunakan Teknologi/ gagap teknologi atau aplikasi mobile.
- Harga
tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum
memberikan informasi untuk semua travel yang ada (contohnya seperti pemesanan
tiket kereta api ataupun pemesanan tiket kapal laut).
c.
Opportunity
- Karena
keperluan masayrakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat
setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan,
berbisnis. Menjadikan traveloka sebagai salah satu aplikasi yang banyak
digunakan ,karena mudah,cepat,terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di akses.
- Informasi
yang ditampilkan up to date, sehingga
orang-orang yang selalu mengunjungi Traveloka apabila ingin memesan tiket
pesawat ataupun kamar hotel
- Menampilkan
harga tiket pesawat dan kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang
termahal sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.
d.
Threat
- Mulai
muncul aplikasi-aplikasi yang serupa dengan campaign
yang lebih menarik, seperti tiket.com, nusatrip, pegipegi, utiket,
tiket2, airpaz, ezytravel , dll. Sehingga traveloka harus memutar otak untuk
memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing
dengan yang lain.
Sumber :
-http://www.beritasatu.com/digital-life/433988-aplikasi-traveloka-tembus-15-juta-pengunduh.html
- http://zahrasani.blogspot.co.id/2017/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html
- http://zahrasani.blogspot.co.id/2017/11/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar