Nama :
Maghfira Zahra Sani
NPM :
56414307
Kelas :
3IA20
Dosen :
Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
BAB 6
User
Interface pada Game Komputer
Tugas
Dalam sebuah game terdapat user penting
bagi pemain yaitu User Interface (UI). Desain User Interface dalam game
melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi ini dapat langsung dapat dihubungkan ke
UI, sebagian terkait atau tidak sama sekali.
Desain antarmuka (interface) dalam
aplikasi computer adalah suatu rancangan dari sebuah aplikasi atau software,
mobile devices,websites maupun games yang focus pada pengalaman antara pengguna
aplikasi tersebut. Desain antarmuka (interface) berfungsi untuk memudahkan
pemakai dalam menggunakan aplikasi komputer maupun devices lain secara efektif
dan efisien.Akan tetapi desain antarmuka dalam games terdapat unsur fiksi yang
melibatkan pemain atau pengguna sebenarnya dalam bentuk (avatar).
Sedangkan definisi dari User Interface
disebut “UI” atau secara terjemah berarti “antarmuka”, adalah cara dimana
pengguna yang baik memberikan pengalaman “user friendly”, yang memungkinkan
pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat lunak atau perangkat keras dengan
cara alami dan intuitif. Jika desain UI
kurang baik maka akan berdampak pada pemain yang berujung dengan kurangnya
pemain dari game tersebut. Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen
yang diantaranya adalah :
1.
Diegetic
Elemen user yang diegetic ada dalam
dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat
berinteraksi dengan mereka melalui, audible atau haptic. Elemen UI diegetic
yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain,
memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game
yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Greed. Assassin’s
Greed berhasil menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia
sejarah karena pemain – pemain menggunakan sistem virtual reality di masa
depan. Jadi cerita sebenarnya futuristic daripada sejarah.
2.
Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia
game,namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain. Contoh,yang
paling jelas dalam efek ditampilkan dilayar seperti percikan darah pada kamera
untuk menunjukkan kerusakan.
3.
Spatial
Desain user interface dalam game berbeda
dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan
avatar dari pengguna yang sebenernya atau
player. Pemain menjadi elemen tak terlihat,tapi kunci untuk cerita
sebagian terkait atau tidak sama sekali.
4.
Non-Diagetic
Lalu
ada elemen non-tradisonal , elemen – elemen ini memiliki kebebasan untuk benar
– benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi
pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni
permainan. Saya fikir unsur paling baik digunakan ketika bentuk diegetic,meta
dan spasial memberikan batasan yang melanggar seamlessness atau konsistensi
dari elemen UI.
Perbedaan
Artificial Intelligence Dan User Interface
Kecerdasan
buatan (Artificial Intelligence) adalah sebuah kecerdasan yang ditunjukkan oleh
suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasa
diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (computer) agar dapat melakukan
pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang
menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan computer (games),
logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
User Interface berarti tampilan antarmuka
pengguna Jika didefinisikan secara sederhana User Interface adalah penghubung
atau mediator antar komputer dan manusia atau user computer itu agar hubungan
antara perangkat computer dengan user bias terjalin. User interface sangat
berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka
kemudahan user dalam mengoperasikan suatu perangkat computer menjadi lebih
mudah.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar