Kamis, 20 April 2017

Arsitektur Game Engine

Nama                        : Maghfira Zahra Sani
NPM                          : 56414307
Kelas                         : 3IA20
Dosen                       : Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah                        : Pengantar Teknologi Game

BAB 4
Arsitektur Game Engine

TUGAS

Pengertian Arsitektur Game
            Arsitekur adalah pelajaran untuk membuat sebuah rancangan dari bangunan. Sedangkan arsitektur mesin game adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game.
Tahap awal dari merancang suatu game adalah :
1.      Memilih jenis gamee yang akan dibuat agar dapat lebih focus dalam mengerjakannya.
2.      Mendesain game yang akan dibuat
3.      Mengimplementasikan desain tersebut menjadi source code

Jenis-jenis Game Engine

Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditunjukkan untuk berbagai kemampuan pemograman. Ada 3 jenis game engine yang ada saat ini, diantaranya adalah :

1.     Roll-your-own game engine

Biasanya game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri.Kelemahannya banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.

2.     Mostly-ready game engines

Game enine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang bener – benar terbuka lebar. Hal ini ditunjukkan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sbuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya.


3.     Point-and-click engnes

Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi,tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builer dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya,mulai dari grafis hingga tata suara.Tapi bukan berarti game jenis ini tidak berguna,bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi,game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game yang menyenangkan,seperti Flow. Game engine ini memang ditunjukkan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemograman dan merilis game -  game mereka secepatnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar